Selasa, 15 Mei 2012

Everyday is new journey...


Everyday is invention, everyday is new journey, and everyday is new experience..mungkin itulah kalimat yang dapat menggambarkan hari-hari balita kita. Setiap hari mereka menemukan pelajaran baru, pengalaman baru, dan petualangan baru, bahkan penemuan-penemuan baru yang menurut mereka tentu mengesankan dan menakjubkan.
Tak terkecuali balita sulungku Aqilah. Aqilah yang gemar berkesperimen, mencari hal-hal baru, menemukan hal-hal yang tidak terduga, dan kadang membuatku kagum kepadanya. Kagum kepada ketelitian seorang balita, kemampuannya mematahkan argumen seorang ibu, dan keinginannya yang kadang di luar kebiasaan.
Tidak hanya Aqilah, tetapi seluruh balita tentu mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi seseorang yang besar. Oleh karenanya jika kita memiliki balita dirumah. Jangan abaikan mereka dan jangan anggap remeh mereka. Mari kita berikan rangsangan yang positif kepada mereka. Berikan mereka ilmu, pengalaman, dan kebiasaan-kebiasaan positf yang sebanyak-banyaknya.
Aktifkan seluruh indera mereka. Berikan mereka rangsangan pada indra penglihatan mereka supaya mereka benar-benar dapat melihat misalnya seperti apakah bunga itu yang sesungguhnya, bagaimana bentuknya, warnanya, apa bagian-bagiannya. Optimalkan indra penciuman mereka supaya mereka tau bagaimana harumnya bunga, baunya sampah yang kotor, dan lain-lain. Optimalkan indra pendengaran mereka dengan berikan kalimat-kalimat yang positif. Perdengarkan lagu dan film yang dapat memaksimalkan kosa kata mereka, melembutkan hati mereka, membuat mereka bertanya apa dan bagaimana tentang sebuah kata dan kalimat. Optimalkan indra perasa mereka dengan berikan aneka makanan sehat dan bergizi supaya mereka tau apa rasanya. Optimalkan indra peraba mereka dengan perkenalkan macam-macam tekstur benda-benda. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan seluruh indra mereka. Eksplorasi seluruh potensi yang dimiliki balita kita. Jangan lewatkan setiap momen bersama mereka untuk berikan ilmu walau tentang sebuah pengenalan warna sekalipun. Semuanya insyaAllah ada manfaatnya dan terekam dalam otaknya yang luar biasa.
Sekali waktu Aqilah bilang “Ibu, aku punya musik baru” saat aku baru pulang kantor, saat kepalaku masih penat karena urusan kantor, saat aku baru membaringkan tubuhku ke kasur. Mencoba menebak apa penemuannya kali ini “musik apa yang baru teh?”. “ada musik dari bantal lho bu!” katanya sambil mengambil bantal hadiah dari bundanya di sekolah “ini bu dari benang, ada musiknya lho bu”. “Bagaimana caranya teh?” kataku. “Gini bu” katanya sambil menarik benang dari bantal yang terjahit tidak sempurna kemudian dia menarik-narik benang tersebut dengan telunjuknya berkali-kali sehingga menimbulkan bunyi yang sebetulnya belum berirama tapi Aqilah really surprised dan aku “Oh, subhanallah teteh pinter sekali menemukan musik baru”. Aqilah senang bukan main dan dia pun bersemangat mengajariku bermusik benang bantal...
Hehehe lucu ya anak-anak, dahsyat, dan tidak terduga penemuannya. Alhamdulillah..
Sekali waktu lagi aku terkejut, lagi-lagi saat pulang kantor. Aku bingung kok ada kertas ditempel di kaca pintu teras belakang. Aku baca ternyata itu surat rekomendasi rektor upi untuk penelitian disertasi suamiku. Tapi, oh oh koq ada photonya. Bukan photo suamiku tapi koq photo uwanya (wa ovat) yang ditempel di pojok kiri atas. Nah lho maksudnya apa? Akupun bertanya pada suamiku. “Ayah, ini maksudnya apa koq ditempel disini?”tanyaku. “Itu kerjaannya Aqilah bu, katanya pengumuman orang hilang”. Whats??? Tau darimana ini baocah pikirku.
Saat Aqilah pulang bermain aku tanya “Teh itu apa?”. “Itu orang hilang bu”. “Masa wa ovat hilang sih teh?” (hehe piss ya wa ovat)”Aqilah nyontoh dimana?”.  “Iya, itu aku lihat kayak di sekolah belakang, kan ditempel gitu bu”. Sambil kucium dan kupeluk aku berpikir ternyata Aqilah meniru pengumuman sekolah yang ditempel di jendela kelas. Subhanallah, nah kan,,,anak-anak memang cepat belajar dari lingkungannya, dari apa yang dilihatnya, dan kewajiban kita memberikan infromasi yang benar untuknya.
So, jangan lewatkan setiap peristiwa, setiap saat-saat kebersamaan dengan balita kesayangan kita.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar